Pasar Malem Sekaten


Sudah lama sekali rasanya tidak menulis tentang Jogja oh Jogja… Nah ini dia yang pengen daku hadirkan… Sebuah perayaan yang selalu dilaksanakan setiap tahunnya sebagai pestanya rakyat Yogyakarta… Sebelumnya seh dah pernah bahas tentang sekaten… di Gamelan Sekaten, Grebeg Maulud juga Hujan, Grebeg dan Sekaten… Kali ini daku akan bahas pasar malemnya yang bisa dikunjungi di Alun-Alun Utara Kota Yogyakarta…

 

sl-sekaten1Suasana Pasar Sekaten di sore hari

Nah… Kalo mau jalan jalan ke tempat ini, bisa lewat mana sajah… Pokoknya menuju Alun-Alun Utara Jogja deh… Kalo dari Timur bisa lewat Jalan Ibu Ruswo, dari Selatan ada Jl. Rotowijayan, dari Barat ada Jl. Kauman **Hm…Hm… rumah sapa ya… hehehe…** dan dari sebelah Utara dimana dijadikan jalan utama menuju Pasar Malam Sekaten ini , Jl. Trikota yang lurus ajah dari Jl. A. Yani yang sejalan juga dengan Jl. Malioboro trus lurus lagi Jl. Mangkubumi… **Lah… kok malah bahas jalan-jalan ya…** 

sl-gate1Gapura menuju Pasar Malam Sekaten Jl. Trikora

Nah… jika melewati jalan ini… cuba perhatikan dengan seksama deh… di Gapura bagian atas ini ada tulisannya lo… 

sl-opening-gate1Nembah Suci Neng Wiwaraning Nerpati yang berarti…

“Taatlah kepada yang menjadi nasehat Pemimpin yang baik”

Masuk lagi lebih ke dalam alias menuju Alun-Alun Utaranya… suasana pun mulai ramai… berbagai macam mainan, toko bahkan penjual makanan tumplek rueg menjadi satu disini…

sl-sekaten2Tower Sekaten

Masih ada Tower Sekaten yang selalu berdiri tegak setiap tahunnya… Masih juga ada Rumah Hantu dengan hantu jadi-jadian yang dulu kala jaman kecil daku bisa takut setengah mampus **sekarang juga masih takut… tapi ama hantu beneran… :p**  Cuba liat dari sisi lain ah… **Cekrek!!!**

sl-sekaten3Pasar Malem Sekaten

Ya… ternyata masih ada juga Bianglala **nama ala Dufan** walaupun daku lebih mengenalnya dengan nama DREMOLEM. Entah kenapa namanya begitu… Dan sekarang kalo naik harganya 5000 rupiah… Dulu daku masih 500 rupiah… **Jaman kapan Meika… Plak!!**

Eits… tapi di sebelahnya ada Istan istanaan yang dari Balon… Nah yang ini bagiku baru… **Baru liat maksudnya… secara ga setiap tahunnya meika melongok ke pasar malem inih… Padahal dari rumah tinggal ngesot ajah!!! Tapi justru karena deket bgt bgt bgt jadi rada males… hehehe…**  Eh… yang baru lagi apa ya…. **Cekrek!!**

sl-bola-bolaBola-Bola Plastik

Entah wahana permainan ini sudah hadir sejak tahun berapa… Tapi yang jelas ini menambah daftar permainan yang ada di Pasar Malem Sekaten… Buat yang mau menikmati permainan ini, harus merogoh kocek 10.000 rupiah… hm… **Seandainya sajah aku bisa masuk…!!! Plak!!**

sl-pancing-ikan1Permainan Pancing Ikan

Sungguh yang ini daku ingin sekali mencubanya… tapi kok anak kecil semua ya yang main.. **Malu… malu kalan ama anak kecil maksudnya… :p** Buat yang punya putra-putri atau ponakan bisa menikmati permainan ini sepuasnyah ampe bosan memancing hanya dengan 3500 rupiah sajah… Hmm… ada permainan apalagi ya…

sl-bom2-carBom-Bom Car

Wah… ternyata ini ada juga lo… ga tau juga neh nongol di Pasar Malem Sekaten sejak tahun berapah… yang jelas kalo mau maen bom-bom car ini kamu siapin ajah 15.000 rupiah…

Nah… ga hanya permainan-permainan sajah yang ada disini.. Ada juga panggung kesenian yang telah disiapkan dengan megahnya oleh Dinas Pariwisata Seni dan Budaya Kota Yogyakarta…  

sl-panggung-kesenianPanggung Kesenian Sekaten

Nah disini neh ajangnya berbagai macam kesenian ditampilkan… bisa dinikmati sejak sore hari… Jadi ada yang bisa ditonton juga di sekaten kan… Dan untuk mendorong partisipasi masyarakat untuk menampilkan setiap keseniannya… mulai pukul 8 malem diadakan festival kesenian yang diikuti oleh setiap kecamatan di Kota Yogyakarta…

Huff… rasanya sudah berputar-putar se Alun-Alun Utara neh… mana Ujan… Becek… ga ada Ojek… **sok Cinta Laura…** Tapi emang ketika mengabadikan gambar semua ini sedikit penuh perjuangan… Karena hujan mengguyur Jogja tak henti henti… Tapi… walaupun hujan datang itu pun ternyata tak menghalangi antusias masyarakat yang ingin menikmati suasana Pasar Malem Sekaten…

sl-suasanaSuasana Pasar Malem Sekaten

Hm… rasanya sungguh  lelah mulai menghinggap di diriku… saatnya berjalan pulang… tapi tetep saja ada hal-hal yang ingin kuabadikan yang selalu ada dan ga pernah absen di setiap perayaan Sekaten…

sl-kapal-otok2Kapal Othok-Othok yang bisa jadi souvenir Sekaten yang sekarang harganya udah 6000 rupiah ajah… **Jaman dulu kala pernah ngrasain dengan harga 600 rupiah… Jaman Kapan Meika!!! Plak!**

sl-keretaKereta yang selalu menawarkan pengunjung mengelilingi Pasar Malem Sekaten

Dan akhirnya… sampailah daku di pintu keluar dimana ada tulisan lagi yang ga terlewatkan untuk diabadikan tentunya…

sl-closing-gateKusuma Muluk Sirnaning Sikara

“Ketika datang keindahan, hilanglah keburukan”

Inilah tulisan yang ada di Gapura Jl. Trikota yang dapat kubaca ketika daku akan mau pulang… Wow… bagus ya kata-katanya… **Terimakasih untuk Pak Charis Zubair (Ketua Umum Dewan Kebudayaan Kota Yogyakarta) yang udah ngasih tau arti-arti dari kalimat-kalimat Jawa ini…**

Nah buat yang belum menyambangi perayaan Pasar Malem Sekaten ini, ayo buruan… sampai tanggal 9 Maret sajah lo… hehehe…

Selamat Menikmati….

 

**Jalan-jalan dimusim hujan, Februari 2009**


4 thoughts on “Pasar Malem Sekaten

  1. biasanya tiap tanggal berapa ada sekaten?

    Meika: Haduh… tiap kapan yak… yg jelas kira-kira sebulan sebelum perayaan Maulud nabi Muhammad saw. Jadi pake kalender Jawa…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s