Bergodo Kraton -part 1-


 

Kalo Indonesia punya Angkatan Bersenjata Republik Indonesia maka Kraton Yogyakarta juga punya prajurit… Nah prajuritnya disebut Bergodo… Bergodo ini biasanya”keluar” dari kraton pada saat event-event tertentu sebagai pendamping seperti… Miyos (keluar) Gongso atau Gamelan pada perayaan Sekaten dan juga Kundur (kembalinya) Gongso ke Kraton atau pada saat acara Grebegan…

Nah… Bergodo Kraton Yogyakarta ini ada 10 yaitu…

  1. Wirobrojo
  2. Daheng
  3. Patangpuluh
  4. Jogokaryo
  5. Pawirotomo
  6. Ketanggung
  7. Mantrijero
  8. Nyutra
  9. Bugis
  10. Surakarsa

sekarang yang kubahas 4 dulu ya… lainnya menyusul ya…

 

Wirobrojo

wirobrojo2.jpg

Pasukan ini berbendera GULA KLAPA. Berpakaian sikepan warna merah dan celana bentuk panji-panji berwarna merah sepatu pantopel warna hitam. Topi berwarna merah berbentuk lombokan (Lombok abang) juga disebut “Kudup Turi”. Dwaja atau Pusaka pasukan wirabraja berasal dari Kanjeng Kyai Santri dan Kanjeng Kyai Slamet. Instrumen yang dibawa tambur dan suling dengan gending dayungan dan lagu retodadali dengan senjata api dan tombak.

 

Daheng

daheng1.jpg

Dengan bendera Bahning sari dan senjata api dan tombak, Daheng mempunyai pakian khas tersendiri. Baju dan celana panjang putih, dada strip merah. Topi mancungan warna hitam dengan bulu ayam merah putih. Dwaja atau pusakanya berasal dari Kanjeng Kyai Jatimulya (Doyok) dengan instrument yang dibawa tambur, suling, bende, ketipung, pul-pul, kecer dengan lagu ondal-andi; dan kenobo.

 

Jogokaryo

jogokaryo1.jpg

Dengan berbendera papasan dan pakaian khas sikepan dan celana lurik khas Jogokaryo dengan rompi kuning emas. Kaos kaki biru tua dan sepatu pantopel hitam tak ketinggalan pula topi hitam bersayap. Dwajanya berasal dari Kanjeng Kyai Trisula. Instrumen yang dibawa tambur, suling, terompet dengan lagu Tameng Madura dan Slaguneder. Senjata yang dibawa api. Tombak dan keris

 

Nyutro

nyuto21.jpgnyutro1.jpg

Untuk bergodo nyutra ada 2 bendera dan pakaian yang berbeda walaupun sama-sama nyutra. Bendera yang dibawa Padma Sri Kresna dan Podang Ngisep Sari. Pakaian khasnya rompi dan celana pnji-panji warna hitam. Satunya lagi… rompi dan celana panji-panji warna merah. Kesamaannya dua-duanya mengenakan kampuh biru tua, di tengah berwarna putih. Topi dua macam kuluk hitam dan udeng giling warna hitam bagi yang berpakaian hitam dan warna merah bagi yang berpakaian merah. Nyutra mempunyai kesamaan dengan Jogokaryo dengan dwaja yang sama berasal dari Kanjeng Kyai Trisula dan persenjataan yang sama yakni senjata api, tombak dan keris. Instrumen yang dibawa pun sama yaitu tambur, suling dan terompet tapi lagunya berbeda… Lagu Nyutra yaitu Surengprang dan Tamtama balik.

Nah…yang selanjutnya menyusul ya… hehehe… Love jogja…

Source: booklet undangan grebeg kraton jogja

11 thoughts on “Bergodo Kraton -part 1-

  1. anginbiru says:

    hmm,,, jadi inget pas malam penjurian PDD 07 aku disuruh meragain gaya mereka (bergodo Keraton-red).. huehe.. apa gara-gara itu yak aku masuk 5 besar..??! *narsis mode: ON* wkeke,, plak!!

    btw,, review tentang Kauman,, kampunge kaum-kaum dung..! huehe..

  2. meikahazim says:

    Kauman…ntar ya…research dulu…hehehe…ada ahli sejarah di kauman kok…
    Pak Adabi Darban… tau dunk tentunya… hehehe…

    Dian… mitos-mitos jogja…hm… ni juga musti reserch juga neh…hehehe…
    tapi ada yang pernah bahas kok… ke dimasnovriandi.com ajah…hehe..

  3. anginbiru says:

    Pak Adabi..? sudah pasti tau dong…!!

    gila apa,, ntar aku dilaknat sama perias PDD 07 lagi.. masa beliau bilang gini..

    huhu… gawat…!!

  4. anginbiru says:

    ^^
    huh,, nggaya banget pake bahasa html,, malah ndak jadi-jadi ki piye..?!?! huhu,, maafkan…
    itu,, maksudnya,, si perias itu bilang..

    “hah,, kamu ndak tau tetanggamu…?!?!? dasar tak bergunah..!! *plak!!*”

    eh,,, bukan ding,, maksude…

    “lah, mas-e kok nggak kenal sama tetangganya.. wah, kalo mas-e jadi dimas,, tak tuntut nanti..!!”

    huhu…

  5. ka, kok ga ada tugasnya apaan? prajurit2 itu tugasnya ngapain ajah?apa cuma beda seragam ajah?

    Meika: Sekarang seh tugasnya buat ngiringin kalo ada upacara adat ajah… beda seragam dan alat itu yang mbedain pas mereka tugas… Jadi instrument lagu yang mereka bawain juga beda…

  6. handi says:

    bos blh tanya nga ni?..aku lagi skripsi tentang prajurit kraton ,,,kalu blh tau makna dari setiap seragam ada nga ya?…tahank

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s