Pernikahan Kraton: Ijab Qobul


Setelah dilaksanakan prosesi yang dilaksanakan kemarin, Kamis, 8 Mei 2008 antara lain: majang, pemasangan tarub di daerah Kraton Ngayogyakarta, prosesi Tantingan dimana Ngarso Dalem menanting putrinya yang ke-3 GKR Maduretno apakah benar sudah mantab untuk mengarungi bahtera kehidupan selanjutnya dalam sebuah pernikahan bersama KRT Purbodiningrat SE., MBA.

Dan prosesi selanjutnya yaitu Siraman dan upacara Midodareni dimana di upacara ini diyakini akan datang 1000 bidadari dari langit untuk memberikan doa restu pada acara pernikahan yang akan dilaksanakan. Diyakini juga bidadari-bidadari ini akan membuka aura calon mempelai wanita agar menjadi wanita yang paling cantik pada upacara pernikahan. Dan dimalam hari itu 1000 bidadarinya belum lengkap karena 1 bidadarinya itu adalah calon mempelai wanita.

Nah… pagi hari ini… Jum’at 9 Mei 2008 dilaksanakan upacara Ijab Qobul di Masjid Panepen dimana KONON!!! dinamakan PANEPEN karena menjadi masjid yang digunakan untuk menyendiri atau menepi para kerabat Kraton untuk tempat berkontemplasi **duh bahasanya…** atau bedo’a dan bersyukur dan mendekatkan diri pada Allah SWT.

Nah prosesi Ijab Qabulnya sendiri tidak berbeda dengan yang biasa dilaksanakan di masyarakat. Hanya saja pada prosesi ini semua menggunakan baju tradisional jawa. Prosesinya pun menggunakan bahasa Jawa dimana Ngarso Dalem Sri Sultan Hamengkubuono ke-X menikahkan langsung putri ke-3nya GKR Maduningrat kepada KRT Purbodiningrat yang berganti gelar menjadi KPH Purbodiningrat.

Setelah usai prosesi Ijab Qobul dilaksanakan sungkeman dari KPH Purbodiningrat kepada Ngarso dalem dimana Malem Dalem ini mencium kaki kanan tepatnya di lutut kanan Ngarso Dalem.

Pada prosesi ini mempelai wanita tidak hadir pada prosesinya atau belum dipertemukan , dimana mempelai wanita masih ditempatkan di Bangsal Keputren. Dan usai prosesi Ijab Qobul, mempelai pria kembali ke Bangsal Kesatriayan untuk mempersiapkan prosesi selanjutnya yaitu Upacara Panggih.

Bagaimana prosesi selanjutnya… tunggu postingan berikutnya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s