Bergodo Kraton -part 2-


Masih inget dunk dengan bahasan tentang Prajurit Kraton yang gagah berani dan dengan baju dan juga peralatan khasnya… Di Bergodo Kraton -part 1- sudah kubahas 4 bergodo Wirobrojo, Daheng, Patangpuluh dan juga Nyutro, sekarang kutambahin 2 lagi ya… Patangpuluh dan Pawirotama…

 

Patangpuluh

patangpuluh.jpg

Bergodo ini membawa bendera Cakragora. Pakaian khas yang dikenankan sikepan lurik patangpuluh, kain panjang putih, celana pendek berwarna merah di luar celana panjang dengan rompi berwarna merah. Sepatunya lars hitam dan tanpa ketinggalan topi songkok berwarna merah dan hitam. Dengan persenjataan senjata api dan tombak, bergodo ini dwajanya berasal dari Kanjeng Kyai Trisula dengan membawa instrument tambur, suling dan trompet dengan lagu mars bulu-bulu dan gendera.

 

Pawirotama

pawirotomo.jpg

Bergodo dengan Dwaja yang sama dengan Patangpuluh yakni dari Kanjeng Kyai Trisula ini membawa bendera Geniroga. Pakaian khasnya berupa sikepan hitam dengan celana panjang putih, celana pendek di luar warna merah dan juga sepatu lars hitam. Eits… kekhasan lainnya yaitu topinya yang berbentuk kerang. Dengan instrument yang juga sederhana seperti bergodo lainnya dengan tambur, suling dan terompet, Bergodo Pawirotama ini membawakan lagu Pandeburg dan Mars Balang.

 

Nah… sekarang sudah 6 bergodo yang daku bahas… masih ada 4 lainnya lagi… Bugis, Surakarso, Mantrijero dan juga Ketanggung… lagi hunting fotonya neh.. lum dapet-dapet… hehehe…sabar ya…

 

5 thoughts on “Bergodo Kraton -part 2-

  1. Arul Azhar says:

    Mantan Diajeng 2005 dan wartawati ini memang fasih kalau sudah promosi Jogja. Nah, sekalian usul. Bagaimana jika dijelasin juga kuliner klasik Jogja selain gudeg. Siapa tahu masih ada yang belum kita nikmati karena nyaris punah atau “hidup enggan, mati tak mau”. Kita yakin Jogja masih menyimpan kekayaan kultural yang butuh disosialisasikan, jadi bisa membuat kita bangga dengan itu dan dapat mengatakan “Truly” Jogja (nyadap tagline orang lain ya …)

    Meika: Kuliner.. dududu.. aku ga percaya lidahku neh… tapi kalo bahasannya saja ya… tunggu di hunting dulu infonya ya.. hehe..

  2. anginbiru says:

    itchu betchul..!! mari kita review makanan2 khas Jogja..!!!

    tapi,, kan di dimjeng.org mo dibikin menu kayak gitu juga… apa dirimu ngambil dari sana aja buk..? wkeke… tapi,, belum bisa diakses si.. huhu..

    Meika: Buktikan dulu bahwa tu website nongol dunk… kekeke…

  3. hunter says:

    ngomong2 tentang prajurit kraton, aku mau tanya: dimana aku bisa dapetin figur2 replika prajurit2 kraton tersebut ?
    Thanks .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s