Dusun Ganden Banyuadem Muntilan


Setelah sekian lama tidak menuangkan apapun dalam sebuah tulisan untuk blog ini… rasanya kali ini pengen banget sharing ke semua yang sempat mampir ke blog yang telah saya abaikan sekian lamanya…

As you know about Merapi eruption lately… i went to Muntilan two days ago. Saya menerima sekian dana dari teman-teman yang bekerja di Infinite Frameworks dimana saya juga sempat bekerja disitu. Sekian lama mencoba mencari tempat yang paling membutuhkan bantuan dan semakin dipilih tentunya semakin bingung karena banyak banget yang membutuhkan bantuan apalagi pasca bencana.

Sleman sampai harus ditutup dan diamankan di ring 15 km, tapi sekarang sudah berkurang menjadi 10 km. Alhamdulillah. Tapi kota Jogja i can say we are find… kehidupan masih berjalan dengan baik, aman dan nyaman. Namun Merapi pastilah membawa dampak perekonomian yang sempat tersendat dan sekarang Alhamdulillah mulai berjalan lagi dengan dibukanya Bandara Adisucipto.

Back to Muntilan! Saya mendatangi salah satu posko bantuan yang di koordinasi oleh mahasiswa KKN UGM gabungan dari Fakultas Kedokteran dan Fakultas Hukum. Tepatnya di daerah Kadiluwih. Berawal dari menelpon contact person untuk menanyakan apa yang paling dibutuhkan sekarang. Setelah sempat berhenti dari rutinitas membuat nasi bungkus, ternyata kebutuhannya pun masih belum bergeser dari Sembako.

Ketika saya sampai ke Kadiluwih, laporan dari teman-teman KKN UGM bahwa para pengungsi sudah kembali ke desanya sebanyak 300 orang. Dan mungkin akan banyak lagi yang akan kembali ke rumah masih-masing. Namun pesan dari salah satu pengungsi Ibu Kadus (Kepala Dusun) Ganden, kami pasti membutuhkan bantuan untuk pasca bencana di desa kami masing-masing.

Saat itu juga saya bersama salah satu mahasiswa KKN UGM berangkat ke desa Ganden, Banyuadem, Muntilan. Sungguh sedih melihat pemandangan yang tidak indah pada saat perjalanan menuju Dusun Ganden. Masih banyak abu dimana-mana bahkan di jalan utama Muntilan pun abu masih tebal.

Jalan Utama menuju Muntilan (Minggu, 21 Nov 2010)

 

Jalan menuju Dusun Ganden

Disepanjang jalan menuju Dusun Ganden, masih saja disuguhi dengan pemandangan yang tidak indah. Banyak sekali pohon-pohon salak yang daunnya tumbang akibat hujan pasir yang terus menerus dan tidak dibarengi hujan air.

Sungguh betapa hebatnya bencana ini. Dusun Ganden terletak di range 12 km dari Gunung Merapi. Terdapat 124 keluarga yang terbagi dalam 4 RT atau Rukun tetangga. Tapi dampaknya terlihat luar biasa. Rumah-rumah pun dipenuhi oleh pasir dan abu sampai hampir 30 cm. Dan ekonomi menjadi lumpuh karena mata pencaharian utama penduduk disini adalah pedagang salak. Akan membutuhkan waktu sekitar 2,5 tahun untuk memulihakan kebun salak seperti sedia kala. Informasi inilah yang saya dapatkan dari warga Dusun Ganden yang juga hadir Ibu Kepala Dusun Ganden, Ibu Mufti Inayah dimana kami disambut di kediaman Bapak Imam.

Disinilah saya tinggalkan amanat teman-teman Infinite Frameworks yang selama ini biasanya bantuan ada di tempat pengungsian tapi kali ini saya antarkan ke desa langsung sebagai bentuk kepedulian kecil kita untuk pasca bencana. Dan di dusun inilah teman-teman KKN UGM akan mendirikan posko lagi untuk membantu masyarakat membangun kembali desanya setelah terjadinya erupsi Gunung Merapi.

Sungguh semangat mereka untuk membangun kembali desanya tetap ada walaupun tidak sedikit yang telah hilang. Keikhlasan terpancar  dari para warga untuk menerima musibah ini, yang telah dipeluk menjadi sebuah cerita perjalanan hidupnya. Dan sebagai agenda awal pembangunan kembali, warga Dusun Ganden akan mengadakan kerja bakti untuk membuka akses jalan yang tertutup oleh pohon2 yang tumbang, selanjutkan mereka akan merawat kembali kebun salak mereka.

Sekali lagi terima kasih teman-teman Frameworkers Batam… Semoga bantuan ini bermanfaat untuk yang menerima, menjadi pahala dari yang memberikan dan menjadi pelajaran indah untuk kita semua akan hidup yang peduli sesama dan lingkungan sekitar kita.

Salam Meraih Mimpi!

3 thoughts on “Dusun Ganden Banyuadem Muntilan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s