Ngajar tentang Jogja di SD Kembang @Kemang Jakarta…


Hehehe… yang ini bener-bener pengalaman yang tak terlupakan… Oh Tuhan… Jadi begini ceritanya… sepupuku si sapi geal geol di pinggir kali yang juga punya blog go4goblog.wordpress.com **lebih ga pernah di update daripada daku…** namanya Qonita… sekarang ngajar di SD Kembang… **duh… pertamanya ga kebayang tuh murid pada diajarin apaan…ternyata… tiittt… sensor!!!** bahkan dia jadi wali kelas 2 pun… Oh Tuhan… **bisa-bisanya tuh kepala sekolah percaya ajah…**

dsc00221Ibu Qoni mengajar Kelas 2 SD Kembang

Nah singkat cerita Qoni memintaku untuk menerangkan tentang Jogja ke anak-anak SD kelas 2 ituh… **Oh NO!!! Serasa ketiban beras sekarung… bleg!!!** Haduh… padahal kan daku lum pernah ngomong di depan anak-anak SD… apa yang akan terjadi… TIDAAAAAKKKKK…..

 

dsc00222Murid-murid SD Kembang kelas 2

Pelajaran IPS pun dimulai dengan introduction Pulau Jawa. Dan akhirnya sampailah pada giliranku untuk mengajar tentang Jogja… **Bingung mode on!!!**

Glleeekk!!! Murid-muridnya pada ngomong sesama temennya dengan berbahasa Inggris… **Oh Tuhan…anak jaman sekarang ya…!!!**

Dan untuk mempermudah daku, aku bukakan sajah buku gede KRATON JOGJA yang banyak gambar dan berbahasa inggris ituh… **Glleekk!! mereka membacanya dengan lancar dunk!!! Oh NO….!!!**

Dan akhirnya…. “Jogja itu mempunyai seorang Raja, Sri Sultan Hamengkubuono ke X yang juga menjabat sebagai Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta…” bla… bla… bla… **Thanks God… tak se-night mare yg kubayankan…**

Sampailah pada penjelasan Tamansari… “Tamansari itu tempat pemandian ratu Kraton Jogja anak-anak… Lalu Sultan akan duduk di singgasananya untuk melempar bunga pada putri-putri yang mandi…” **Mampus gw!!! kenapa cerita inih ya… duh…dah terlanjur!!!** Dan alhasil pertanyaan yang muncul…

Murid: “Ibu Meika, kalo laki-laki ga boleh mandi berarti bau dunk… kan buat perempuan ajah…” **Nah lo…!!!**

Ibu Meika: “Ya mandinya di tempat yang berbeda donk…!!”

Murid: “Ibu Meika kok pake lempar bunga… trus yang dapet gimana?”” **rasanya ingin menjedot-jedotkan kepala ke tembok sambil menyesal cerita tentang lempar bunga!!!**

Ibu Meika: “Yang dapet bunga ntar jadi Ratu menemani Sultan” **semalam… (dalam hati) karena tak mungkin kuutarakan di depan murid-murid ituh… hiks…**

Murid: “Ibu Meika kan raja itu istrinya banyak…” **Duh ne murid-murid tau ajah seh… makanannya apaan yak!!!**

Ibu Meika: “Iya sayang… tapi dulu… Sultan yang sekarang istrinya 1 sajah..” **Dengan menebar senyum mengerikan supaya ga ada yang naya lagi…!!! Bisa-bisa ngompol aku!!!**

Nah lanjoet… setelah merasa kehabisan bahan daku kasih ajah buku-buku dan media promosi tentang jogja supaya daku bisa sedikit bernafas tentunya… **maksudnya bersiap diri denganpertanyaan aneh-aneh lagi… huff**

dsc00225Pada serius baca peta Jogja

dsc00226Yang pada hobi baca, kali ini baca buku Jogja didampingi Bu Tari

Nah… sampailah pada penjelasan tentang candi-candi di Jogja… tentunya tak lepas dari Candi Prambanan… nah hadirlah penjelasan tentang perwayangan oleh Anin **Thanks God… Anin ikutan… kalo ga mulutku bener-bener keriting melayani pertanyaan-pertanyaan ituh…** Ibu Anin menerangkan tentang Wayang Ramayana… Dan ternyata…datanglah komentar ituh…

Andrea: “Ibu Anin…Ramayana kan Toko yak…”

Ibu Anin: “Eee… Iyah!!” **Dengan juteknya Anin menjawab! Rasanya daku ingin sekali tertawa dengan puas… Akhirnya Anin merasakan juga!!!**

Dan entah kenapa tiba-tiba obrolan guru tamu dan murid kepada pembahasan Sultan Iskandar Muda… Dan komentar lain pun hadir…

Andrea: “Bu…aku tau Sultan Iskandar Muda itu kan di Pondok Indah… rumah aku kan deket sana Bu…”

**deng dong!!! haduh… entah apalagi yang harus kukatakan… Oh Tuhan… rasanya pingin nyebur kali trus berenang ajah…**

andreaAndrea

Tik Tak Tik Tok…Sungguh ingin sekali rasanya jam 10 segera hadir agar semua ini selesai… Dan akhirnya jam ituh sudah menunjukkan pukul 9.30.. senangnya… tibalah pada sesi pertanyaan…. **Cie… ceritanya review neh… dari yang diterangin tadi pada inget atawa ga neh…**

Ibu Meika: “Daerah mana di Jogja sebagai penghasil perak?”

Trisha: “Kobogedhe Bu…” **spontan lah daku tertawa seperti nenek sihir… kikiki**

Trisha: “Kampung gedhe Bu…” **Waks!!! kenapa tak ada yang memperhatikan!!! mulai sedikit emosi dengan tetap tersenyum ala Mbak Luna…**

trishaTrisha

Dan akhirnya…

Arie: “Kotagedhe Bu…” **Hufff…. lega luar biasa… oh cepatlah berakhir ini semua…**

arieArie

Setelah sesi pertanyaan selesai Ibu Qoni pun menawarkan anak-anak Wedang Uwuh… Minuman khas dari Imogiri Yogyakarta… hehehe… Tentunya ada yang suka dan ada yang tidak suka… kan rada-rada pedes karena ada jahenya… Namun murid yang satu ini sungguh special karena bisa abis ampe 10 gelas… 

rajenRajen **Dibaca “rayen” baca sesuai tulisan..**

Hihihi… 10 gelas ajah lo… sampai bersendawa berkali-kali… 

Hm… ya begitulah ceritanya di SD Kembang… sebenernya masi banyak pertanyaan-pertanyaan aneh… tapi dah pegel nulisnya… hehehe…

Terima kasih kepada Ibu Qoni “si wali kelas”, Ibu Tari “assisten guru kelas 2”, Anin **Kalo ga ada lo ga ada tukang poto deh…kekeke** dan murid murid semua di SD Kembang kelas 2… Dhani, Fauzia, Keeyran, Tatjana, Trisha, Andrea, Riva, Nanda, Ara, Kesha, Almeira, Zahra, Arie, Rajen, Xabina dan Gyasi **sayang Gyasi hari itu tak hadir..**

**Cukup sekali inih sajah ya Ibu Qoni…kekeke…**

 

7 thoughts on “Ngajar tentang Jogja di SD Kembang @Kemang Jakarta…

  1. endjout says:

    Ibu Anin : saya ikut terlarut dengan kemudian menjelaskan…iya ramayana itu toko baju ya…gedubrak!!!

    Yang gw heran, ni anak – anak udah tau aja baju u-kensi itu nama kerennya BAJU KETEK!

    Meika: Kakaka… iya kelupaan jelasin yang ini… padahal lagi nerangin baju traditional Jogja yang kemben ituh… eee… malah dibilang Baju Ketek… ampun dah anak-anak ituh…

  2. Ibu Qoni says:

    bukan baju u can see tapi baju kemben.. dhani bilang itu baju ketek..ihihihih….
    lah emang cuma sekali aja (sekali setaun) hihihi… taun depan lagi ya, dengan murid yang berbeda tentunya….

  3. Wiwit says:

    Oooow Mi Jooot Meika!
    Aku bacanya sambil nyengir. Trus ketawa ngakaaaak😀
    Oooow Tuhan Anak SD sekaranag lucu, pinter tapi “nyusahin” juga yaa ;j

  4. nESSA says:

    Ih keren murid kelas 2 tahun lalu yang sekarang kelas 3 bisa di masukin profile internet Dhani dan Trisha juga cute banget gak rugi ya sekolah di SD Kembang. Aku sekolah Di kembang baru 4 tahun tapi gak rugi ya! Sekolah yang aku duduki ini dapat dikenal banyak masyarakat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s