Grebeg Maulud…


Grebeg Kraton Yogyakarta diadakan 3 tahun sekali. Dan tentu saja 3 kali tersebut di perayaan Hari Raya Idul Fitri, Hari Raya Idul Adha dan perayaan Maulud Nabi Muhammad saw. Nah… pagi ini, tepatnya Kamis, 20 Maret 2008 ini untuk kesekian kalinya aku nonton Upacara tradisional Grebeg Maulud ini.

img_0941.jpg

Dan tentu saja bersama dengan tim TVRI Jogja **mengingat masa lalu sekalian…** aku bisa masuk ke Kraton Jogja untuk melihat grebeg secara detail sejak keluarnya yang mulai dari Siti Hinggil. Pasukan wirobrojo tetap berada pada barisan paling depan dan bertindak sebagai kepala pasukan atau Manggolo Yudha adalah GBPH Yudhaningrat yang tentunya adik dari Sri Sultan Hamengkubuono ke X.

img_0902.jpg

4 Gajah pun dipersiapkan untuk mengiringi arak-arakan gunungan yang menuju ke Pura Pakualaman. 4 gajah tersebut 2 dari kraton yang dipelihara di depan alun-alun selatan dan 2 lagi dari Gembira Loka. Dan gunungan yang dibawa ke Pura Pakualaman hanya 1 gunungan kakung.

img_0926.jpg

Untuk membuka jalan pasukan kuda pun dipersiapkan… secara ya.. grebeg ini selalu ditonton sama ribuan masyarakat yang tumplek rueg di alun-alun utara Yogyakarta dan juga di pelatan masjid Besar Kauman maupun di pura pakualaman. Tentunya pagi tadi aku memilih melihat yang di masjid kauman… secara tinggal ngesot ajah dari rumah… kedip sekali juga nyampe… hehehehe….

Nah… selain kuda dan gajah beraksi… yang selalu terlihat di setiap event Kraton Yogyakarta yaitu…

**baca selengkapnya di jogja oh jogja…**

 

 

One thought on “Grebeg Maulud…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s