Gamelan Sekaten…


Sekaten merupakan event yang selalu diadakan 1 tahun sekali. Dan tentunya tempatnya tidak jauh dari rumahku yang berpusat di pelataran Masjid Kauman Yogyakarta…dan pasar malemnya ada di Alun-Alun Utara Yogyakarta. Nah secara seumur hidupku aku tinggal di Kauman… aku bosan sekali dengan event ini, walaupun aku tetap saja menyambanginya setiap tahun. Nah..mau tau cerita Sekaten!!! Ini neh…

Sekaten biasanya diadakan di tanggal 5 sampai 12 Maulud menurut kalemder Jawa Sultan Agungan… Nah.. di upacara tradisi sekaten yang khas adalah diusungnya “Kagungan Dalem Gangsa Kangjeng Kyai Sekati saka Kagungan Dalem Bangsal Ponconiti Kamandhungan Lor Keben Kraton dilenggahake wonten Kagungan Dalem Bangsal Pagongan Lor lan Pagongan Kidul ingkang wonten Pelataran Kagungan Dalem Mesjid Gedhe” Nah loh…  **nggaya pake basa jawa segala yak…hehehe…**

Maksudnya… di upacara adat Sekaten…

**baca selengkapnya di jogja oh jogja…** 

 

One thought on “Gamelan Sekaten…

  1. A**A says:

    Makasih udah memasukkan saya dalam blogrollmu. Semoga blog saya yang biasa-bisa saja itu bisa menemanimu dalam ketakutan:-)

    Meika: Hm… ketakutan ya… kalo damai ajah gimana nta… hehehe…

Leave a Reply

