Citacita.. dan Cinta…


Hari demi hari…berlalu…satu demi satu kususun hidupku dengan penuh cita-cita yang selalu kuperjuangkan untuk dapat kuraih…sampai aku benar-benar bisa menggenggamnya… Aku bisa dengan jelas menyusun itu semua…dengan buku agendaku yang tak pernah tertinggal…yang selalu mengingatkannku apa yang harus kulakukan hari ini dan esok…apa yang harus keselesaikan hari ini dan esok…dengan semua keterbatasanku dan kemampuanku…

 
Aku terus menyusun dan menyusun…dengan semangat yang hampir jarang padam…demi menjadi seseorang yang “something”… Sudah kudapatkankah semua ini… kumencari jawaban ini dalam malam2ku ketika mata tak kunjung terpejam…

 
Semuanya…semuanya…dengan semua yang aku raih hari ini…aku berhutang banyak terima kasih untuk semua yang telah membatuku, men-support-ku, memberikan waktunya ketika ku membutuhkan, membuka tangannya ketika ku butuh bantuan…memberikan pelukan kasih sayang, menyidang aku ketika kulakukan banyak kesalahan dan bahkan mencoba membuatku tersenyum ketika kumenitikkan air mata….Terima kasih yang tak terhingga kuucapkan untuk orang-orang yang akan selalu terkenang dan terukir dalam sejarah hidupku dan hatiku….

 
Tapi dari semua itu…aku merasakan…memperjuangkan cita-cita dan cinta dalam waktu yang bersamaan ternyata tidak mudah…tak semuanya bisa kuraih…tak semua hal bisa kuperjuangkan…dan aku tau..aku hanyalah manusia yang selalu dan akan selalu punya keterbatasan…Kadang aku merasa harus memilih…walaupun kutau itu semua bisa dilakukan bersama…

 
Kupanjatkan doaku untuk meminta yang terbaik…untuk membuat hati ini dalam ketenangan…dalam rasa yang nyaman…agar tak merasa gelisah untuk menghadapi masa depan yang selalu menjadi misteri….


Kuucap Basmallah dan kulangkahkan kakiku…berharap bahwa aku tak salah melangkah dan selalu percaya…bahwa Allah tak akan pernah memberiku cobaan di luar batas kemampuanku….
Dan aku percaya…suatu hari nanti… ketika saatnya tiba…

Aku akan bisa…membuatnya seiringan….Cita-cita….dan Cinta….

 

Brunei Darussalam, Oct 15, 2006

5 thoughts on “Citacita.. dan Cinta…

  1. refanidea says:

    Kalau separuh dari cinta adalah keraguan, maka betapa menyedihkan cinta itu.

    Bukankah cinta itu mustinya dijalani dengan keyakinan?
    Bukankah kekuatan terbesar pada manusia yang dapat membuatnya bergerak maju menjalani sesuatu dan berani mengambil resiko salah satunya adalah cinta?
    Bukankah seorang ibu melahirkan anaknya dengan cinta, bukan keraguan?
    Tidak bisa saya bayangkan bila seorang ibu melahirkan dan membesarkan anak dengan keraguan sebagai separuh bagian dari cinta. Selayaknya ibu dengan penuh keyakinan mencinta sang anak.

    Setahu saya ada dua bentuk cinta secara umum:
    Cinta pada Tuhan (mahabbah) dan cinta pada sesama makhluk (manusia, tumbuhan, dan binatang, termasuk di sini alam semesta).

    Cinta memang tidak bisa dilogika. Tapi sepenuhnya menggunakan perasaan dalam mencinta adalah konyol.

    Jadi cinta dan cita-cita sebenarnya mampu berjalan bersama-sama. Yang membuat belum bisa berjalan bersama adalah ego.

    Tapi toh semua akan bisa berjalan bersama-sama, ketika Tuhan menuangkan keyakinan di hati.

    Akhirnya keduanya bisa saling mendorong demi tujuan indah… nirwana kelak.

  2. yoi says:

    …demi menjadi seseorang yang “something”…
    Perlu seh…tp jgn lupa, …”being a nothingness”…jg ga kalah penting lho:p

    katayoi yg apa adanya

  3. Jeng Mei ,… meskipun buku agendamu tak pernah tertinggal… selalu mengingatkannmu apa yang harus kaulakukan hari ini dan esok…apa yang harus kauselesaikan hari ini dan esok… tapi dalam buku agendamu tak pernah tercatat, ketiga rahasia Allah SWT…. Ketiganya menjadi rahasia Nya… berikhtiarlah, tuk mencapainya…. mudah2n Jeng Mei Khusnul Chotimah.. Amiin..

    Meika: Matur nuwun… Amin…

Leave a Reply

